INDONESIA MARITIME MAGAZINE

Indonesia Maritime Institute (IMI) menerbitkan majalah eksklusif ”Indonesia Maritime Magazine” yang ditujukan untuk kampanyekan Indonesia menuju Negara Maritim. Ada empat fokus dalam majalah ini: Ocean-Coastal-Fisheries-Nautical.


Editorial:

SECARA ekonomi, tujuan asas cabotage adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia, dengan memberikan kesempatan berusaha seluas-luasnya bagi perusahaan angkutan laut nasional dan lokal. Diyakini peraturan ini dapat meningkatkan produksi kapal dalam negeri, karena seluruh kapal yang berlayar di perairan tanah air harus berbendera Indonesia. Selain itu, asas cabotage difungsikan untuk melindungi kedaulatan negara, khususnya di bidang industri maritim.

Pada edisi ini akan mengulas mengenai asas cabotage yang diharapkan mampu mendorong berkembangnya industri perkapalan dan pelayaran nasional. Hal ini akan di ulas secara tajam pada rubrik Maritime Head Line.

Pada rubrik Nautical Focus akan mengulas tentang sistem logistik nasional yang masih amburadul sehingga mengakibatkan biaya tinggi, khususnya untuk angkutan logistik yang melalui laut. Kondisi ini menyebabkan harga barang di beberapa daerah di Indonesia sangat tinggi. Implikasi ini akan menimbulkan kesenjangan ekonomi antar daerah.

Pada rubrik Maritime Figure, menamampilkan sosok Prof. Dr. Dietriech G. Bengen, seorang pakar pengelolaan wilayah pesisir dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Perhatiannya pada dunia maritim kiranya bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca.

Untuk selengkapnya silahkan kunjungi www.indonesiamaritimeinstitute.org atau www.myedisi.com/majalah/maritime/140

Salam maritim…. Jaya di laut, sejahtera di darat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar