PESIAR 2012



A. Latar Belakang

Indonesia adalah sebuah Negara berkembang di kawasan asia tenggara, dengan tiga perempat dari wilayahnya merupakan kawasan perairan yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah termasuk didalamnya adalah sumber daya alam kelautan. Terdiri dari 17.500 pulau dan dikelilingi oleh garis pantai sepanjang 81.000 km yang merupakan garis pantai terpanjang didunia setelah kanada, sehingga Indonesia dikenal sebagai Negara maritim dan kepulauan terbesar didunia.

Ditinjau dari letak geografis yang sangat strategis, yaitu berada diantara samudra pasifik dan samudra hindia serta benua Australia dan asia, seharusnya bangsa Indonesia mendapat keuntungan besar dari posisi kelautan tersebut. Oleh karna itu sebagai generasi muda haruslah kita ikut berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan agar potensi yang dimiliki dapat dikembangkan. Generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa merupakan intelektual muda yang tidak saja memiliki keterampilan tetapi harus mampu memupuk rasa persatuan dan persaudaraan demi mencapai tujuan pembangunan bangsa secara bersama-sama. Sebagai wadah untuk mempertemukan berbagai elemen yang berkaitan dengan dunia maritim Indonesia untuk pengembangan teknologi maritim dimasa yang akan datang, diantaranya : pemerintah, masyarakat pesisir, masyarakat industri dan perguruan tinggi.

Karena itu diperlukan kegiatan yang mampu meningkatkan dan memupuk rasa persatuan dan persaudaraan tersebut. Salah satu diantaranya adalah diadakannya PESIAR 2012 oleh Himpunan Mahasiswa Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Makassar (HMP FT-UH) yang tidak saja menjadi ajang untuk memupuk rasa persatuan dan persaudaraan tetapi juga menjadi ajang untuk meningkatkan rasa kecintaan generasi muda bangsa pada dunia maritim Indonesia sebagai wujud dalam mengisi pembangunan bangsa khususnya bidang teknologi maritim dimasa yang akan datang.

B. Tujuan

Tujuan Umum :

Kegiatan ini bertujuan untuk mensinergiskan antara teori Ideal Kemaritiman dan Realita Kemaritiman Indonesia sebagai bahan evaluasi untuk memajukan kemaritiman Indonesia.

Tujuan Khusus :

1. Sebagai wadah untuk memperkenalkan dunia perkapalan kepada generasi muda sejak awal.

2. Sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan rasa cinta generasi muda bangsa pada dunia bahari Indonesia sebagai kekayaan bangsa dibidang kemaritiman.

C. Nama Kegiatan

Kegiatan ini merupakan kegiatan dari program kerja himpunan yang diberi nama: PESIAR 2012.

D. Pelaksana Kegiatan

Pelaksana kegiatan adalah Himpunan Mahasiswa Perkapalan dengan susunan kepanitiaan seperti pada Lampiran.

E. Peserta Kegiatan

Peserta kegiatan ini adalah pelajar SMA/SMK atau sederajat se-Makassar, Mahasiswa Perkapalan se-Indonesia, dan tamu undangan. Peserta ditargetkan berjumlah 500 orang .

ITEM KEGIATAN

1. Seminar Nasional

Seminar Nasional merupakan kegiatan perdana dalam acara Pesiar 2012, dimana kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pembukaan Pesiar 2012 yang akan berlangsung di ruangan yang sama. Seminar Nasional akan membahas topik masalah kemaritiman nasional dengan tema REFORMASI KEMARITIMAN SEBAGAI BENTUK KEMANDIRIAN BANGSA”

Tujuan kegiatan ini akan menambah wawasan ilmu kemaritiman nasional dan berguna untuk di industri Perkapalan baik di Indonesia, maupun diseluruh dunia.

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Auditorium Kedokteran / 9 April 2012

Waktu kegiatan : Pukul 09.00 sampai 16.00 wita

Target Peserta : 200 Peserta (Mahasiswa dan umum)

Perolehan Peserta : Souvenir, alat tulis, dan sertifikat

2. Naval goes to island

Naval goes to island merupakan item kegiatan Pesiar 2012 yang bertujuan untuk mengenal dan peduli tentang kondisi pesisir. Kegiatan ini, para siswa dan mahasiswa bersama-sama melakukan kunjungan ke suatu pulau / pesisir yang akan dijadikan Pulau Binaan.

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Pulau Pangkajene , Sabtu –Minggu 14-15 April 2012

Waktu kegiatan : Pukul 07.00 wita sampai selesai

Target Peserta : 70 Siswa/ Mahasiswa dan Dosen

Langkah Kegiatan :

- Check Golongan Darah

- Baksos dan sumbang buku

- Diving Sunset

- Nontong bareng dipulau (film-film pembangunan desa dan film dunia kemaritiman)


-Transplantasi Karang

-Penanaman Pohon

-Tudang Sipulung

3. Workshop Ship Survey

Workshop Ship Survey merupakan kuliah pemberian materi yang kemudian akan dipraktekkan sebagai follow up dari seminar tersebut di lapangan. Workshop ini terdiri dari 4 materi survey, yaitu :

a. Ship Survey

b. Ship Inspection

c. Manajemen Produksi

d. IHOPE ( Integrated Hull Outfitting Painting Electrical)

Workshop ini bertujuan untuk sebagai simulasi survey kapal sesuai dengan kondisi lapangan sebenarnya.

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Gedung GPI Unhas, Selasa-Rabu 10-13 April 2012

Waktu kegiatan : Pukul 09.00 sampai 15.00 wita

Target Peserta : 100 Mahasiswa Perkapalan se-Indonesia

Perolehan Peserta : Sertifikat

Langkah Kegiatan :

- Pemberian materi survey pada hari pertama.

- Melakukan survey kapal di galangan (survey dock) dan pelabuhan (survey terapung)

4. Naval Fair.

Dalam item ini, berbagai lomba diperlombakan untuk para siswa dan Mahasiswa, baik dalam bentuk kelompok maupun perorangan. Tujuan dari item kegiatan ini untuk membangun kebersamaan dan sportifitas anak bangsa dan juga meningkatkan kreatifitas siswa dan mahasiswa di dunia kemaritiman khususnya Perkapalan. Jenis-jenis lomba, yaitu;

1. Pameran Kemaritiman

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Gedung Ipteks Lt. 1,Kamis 12 April 2012

Waktu kegiatan : Mulai Pukul 08.00 sampai selesai

Target Peserta : Mahasiswa perkapalan se- Indonesia

Langkah Kegiatan : Peserta di sediakan stand pameran untuk menampilkan karyanya dalam bidang kemaritiman . Dan dipamerkan pada puncak acara hari selasa 20 maret 2012.

2. 2. Lomba karya tulis ilmiah.

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Gedung Ipteks Lt. 1, Kamis 12 April 2012

Waktu kegiatan : Mulai Pukul 08.00 sampai selesai

Target Peserta : 35 Kelompok (Siswa SMA)

Langkah Kegiatan : Peserta Siswa dari SMA akan membuat karya tulis ilmiah yang bertema Kemaritiman. Karya tulis ilmiah dibuat oleh perwakilan dari tiap sekolah dan dilombakan pada puncak acara hari selasa 20 maret 2012.

Kriteria Penilaian lomba sistematika penulisan, EYD (penggunaan ejaan & tanda baca), bahasa yang digunakan dan sesuai dengan tema kegiatan.

Perolehan Peserta : Tropi + Uang Tunai juara 1,2, dan 3 dan

Sertifikat tiap peserta

3. 3.Lomba Kontes Fotografi Maritim.

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Gedung Ipteks Lt. 1, Kamis 12 April 2012

Waktu kegiatan : Mulai Pukul 08.00 sampai selesai

Target Peserta : 25 Kelompok (Umun)

Langkah Kegiatan :

Tiap kelompok peserta akan membuat foto bertema maritim dengan jumlah gambar yang bebas dan dilombakan pada puncak acara.

Kriteria Penilaian lomba :

Sesuai dengan tema kegiatan, indah dan kreatif.

Perolehan Peserta :

Tropi juara 1, 2, dan 3 dan Sertifikat tiap peserta

4. Remote Control

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Danau UNHAS, Kamis 12 April 2012

Waktu kegiatan : Mulai Pukul 13.00 sampai selesai

Target Peserta : SMA (Sederajat)

Langkah Kegiatan : Tiap peserta perwakilan SMA se-Makassar akan membuat kapal yang menggunakan remot control dengan ukuran kapal yang bebas dan dilombakan didanau UNHAS dan dinilai langsung oleh juri dari Dosen Teknik Perkapalan UNHAS.

Kriteria Penilaian lomba : kecepatan, dan langkah manuver

Perolehan Peserta : - Tropi + Uang tunai juara 1, 2, dan 3

- Sertifikat tiap peserta.

5. Naval Acoustick

Dalam kegiatan ini akan diselenggarakan Pagelaran Musik Akustik dan musik-musik band yang akan dibawakan oleh para pelajar SMA/SMK. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Musisi pelajar didunia kesenian masa kini, dan juga sebagai hiburan buat peserta lomba lainnya.

Tempat/ Tanggal Kegiatan : Pelataran GPI, Kamis 12 April 2012

Waktu kegiatan : Mulai Pukul 09.00 sampai selesai

Target Peserta : 10 Band (Siswa SMA/SMK,Mahasiswa)

Langkah Kegiatan : Tiap band peserta perwakilan dari SMA/SMK Sul- Sel akan menunjukkan aksinya di pelataran Danau Unhas dengan membawakan 2 buah lagu yaitu 1 lagu wajib yang sesuai tema kegiatan dan 1 lagu bebas.

Kriteria Penilaian lomba : Performance, skill, dan kekompakan.

perolehan Peserta : - Tropi + Uang tunai juara 1, 2, dan 3.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar